Sabtu, 25 Maret 2023

START YANG BAIK UNTUK MENGGAPAI PUNCAK KEMENANGAN

 


Sabtu, 25 Maret 2023 M/3 Ramadhan 1444 H

    Ketika kita sedang mengobrol bareng, pernah ada ucapan yang sering terdengar di telinga kita di awal Ramadhan, "Insyallah saya akan semangat beribadah di 10 hari terakhir, lagipula Ini kan baru hari-hari pertama Ramadhan". Kalimat yang sering kita dengar karena meremehkan hari-hari pertama dengan dalih bahwa puncak Ramadhan dan lailatul qadar ada di akhir Ramadhan.

        Puncak Ramadhan memang benar ada di akhir, dan amalan tergantung akhirnya, tapi bukankah sebuah start sangat menentukan hasil akhir? Kebaikan dan ibadah adalah sebuah perlombaan (QS. Al Baqarah: 148), dan para juara terbiasa memiliki start yang bagus untuk mengendalikan jalannya perlombaan. Seorang pembalap terbaik pun dapat  gagal meraih juara, karena start di posisi terbelakang?!

        "Diantara ganjaran dari kebaikan yang kita lakukan adalah taufiq untuk kebaikan berikutnya". Jika kita berhasil mengisi hari pertama Ramadhan dengan amal shalih, maka amal hari pertama akan mengundang amal shalih di hari kedua, dan jika kita beramal di hari kedua, maka amal hari kedua akan mengundang amal hari ketiga, begitu selanjutnya sampai kita menutupnya dengan husnul khatimah.

    "Diantara hukuman dari dosa adalah undangan untuk dosa berikutnya". Jika kita mengisi hari pertama dengan berbagai dosa, maka dosa-dosa hari pertama akan mengundang dosa di hari kedua dan begitu seterusnya sampai kita gagal di akhir Ramadhan. Mari kita cetak start yang sebaik mungkin di hari-hari awal ini.

       Selain mengawali puasa agar jiwa kita semakin baik, tentunya juga diimbangi dengan mengawali puasa untuk fisik kita juga, agar kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan tubuh yang bugar. 

        Mengawali puasa dengan baik adalah penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan selama berpuasa. Berikut adalah beberapa tips untuk memulai puasa dengan baik:

  • Menjaga pola makan sehat sebelum puasa: Sebelum memulai puasa, usahakan untuk makan dengan pola yang sehat dan seimbang. Hindari makanan yang berlemak atau berat karena dapat membuat perut terasa kembung dan sulit mencerna. 
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung serat: Makanan yang mengandung serat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan dapat membantu menjaga perut tetap kenyang dan mengurangi rasa lapar selama berpuasa.

  • Minum air yang cukup: Usahakan untuk minum air yang cukup sebelum waktu imsak atau saat sahur. Hal ini akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa.

  • Menjaga aktivitas fisik: Tetap menjaga aktivitas fisik selama berpuasa, seperti dengan melakukan olahraga ringan atau berjalan kaki. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan dan membuat tubuh tetap bugar selama puasa.

  • Berdoa dan mempersiapkan diri secara spiritual: Selain mempersiapkan diri secara fisik, persiapan secara spiritual juga sangat penting. Berdoa dan memfokuskan diri pada spiritualitas dapat membantu menjaga motivasi dan semangat selama berpuasa.

  • Makan sahur: Jangan lupa untuk makan sahur sebelum waktu imsak. Makanan sahur dapat membantu menjaga tubuh tetap bertenaga dan kenyang selama puasa.

    Dengan mengawali puasa dengan baik, kita dapat menjaga kesehatan dan kenyamanan selama berpuasa dan merasakan manfaat yang optimal dari ibadah puasa. Dengan demikian langkah untuk menggapai kemenangan pun terasa nyaman. Semoga kita semua bisa mencapai puncak kemenangan. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MERAMU HASIL BELAJAR