Jumat, 24 Maret 2023

KAMAR-KAMAR ISTIMEWA

 Sabtu, 24 Maret 2023 M (2 Ramadhan 1444 H)



        Hari ini adalah hari kedua menjalankan ibadah puasa dan sekaligus pembelajaran hari pertama di bulan Ramadhan. Anak-anak tetap semangat dalam belajar meskipun dalam keadaan puasa, seperti tidak ada bedanya berpuasa ataupun tidak. Saya mengajar kelas 7 SMP Negeri 1 Kalibening di Kabupaten Banjarnegara, kebetulan setiap hari Jumat kegiatannya adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau biasa disebut P5. Kali ini sudah memasuki tema ketiga, yaitu tentang Kearifan Lokal. Sudah dua kegiatan/topik kita laksanakan, yaitu tentang memaknai Tugu Prasasti Srengseng dan Kisah Masjid Tertua yaitu Masjid Al Huda. Kedua lokasi sudah dikunjungi, dan juga sudah memanggil narasumber untuk menceritakan kepada para siswa. 

        Kegiatan P5 hari ini adalah membuat karya tulis dan karya inovatif sesuai dengan bakat dan minat yang disukai anak. Hasil karya siswa boleh juga dalam bentuk digital atau non digital. Untuk kelas yang saya ampu hampir sebagian besar menggunakan digital. Ada karya siswa dalam bentuk cerpen, puisi, cerita bergambar, infografis, vlog, dll. Ternyata kemampuan anak-anak sungguh luar biasa.

        Disela-sela waktu pembelajaran, saya berusaha menyelipkan pesan rohani kepada anak-anak. Agar jiwa anak-anak terisi dan semakin dekat kepada Allah SWT. Saya sampaikan kepada anak-anak didik bahwa tidak ada udzur bagi seorang yang telah ditetapkan dalam syariat untuk tidak menunaikan kewajibannya di bulan Ramadhan ini.

  • Jika kita tidak bisa memperbanyak ibadah bangun malam, maka hendaknya kita memperbanyak sedekah.
  • Jika kita tidak mampu bersedekah, maka hendaklah kita perbanyak membaca Al-Qur'an.
  • Jika kita tidak mampu memperbanyak membaca Al-Qur'an, maka hendaklah kita perbanyak zikir.
  • Jika kita tidak mampu memperbanyak berzikir, maka minimal kita menjaga lisan, serta anggota badan dari sesuatu yang merusak dan mendzalimin kemuliaan bulan ini.

    Demi Allah sungguh merugi orang yang menyia-nyiakan bulan ini. Sungguh merugi orang yang tidak memanfaatkannya.

 Abu Malik Al Asy'ari radhiallahu ‘anhu menceritakan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

 إِنَّ فِي الْجَنَّةِ غُرَفًا تُرَى ظُهُورُهَا مِنْ بُطُونِهَا وَبُطُونُهَا مِنْ ظُهُورِهَا فَقَامَ أَعْرَابِيٌّ فَقَالَ لِمَنْ هِيَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ لِمَنْ أَطَابَ الْكَلَامَ وَأَطْعَمَ الطَّعَامَ وَأَدَامَ الصِّيَامَ وَصَلَّى لِلَّهِ بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ

"Sesungguhnya di dalam Surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya."

Lantas seorang sahabat berdiri sambil berkata: "Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah ?"

Beliau menjawab: "Untuk orang yang berkata baik, yang memberi makan (fakir miskin), yang selalu berpuasa dan shalat pada malam hari ketika manusia sedang tidur." [HR. Ibnu Majah no.3251, Turmudzi no.1984, Ahmad no.6578, Hakim no.247 dan lain-lain]

     Maka janganlah kalian sia-siakan keutamaan bulan yang penuh keberkahan ini berlalu begitu saja tanpa amal shalih.

     Janganlah kalian dilalaikan oleh dunia dan mengabaikan berlomba-lomba untuk mendapat kemuliaan disisi Allah Ta'ala.

     Semoga kita termasuk orang-orang yang Allah rahmati untuk menempati kamar-kamar di surga itu. Aamiin.

1 komentar:

MERAMU HASIL BELAJAR