Rabu, 25 Januari 2023

Semangatku Tetap Membara Meski Fisikku Sedang Melemah


Kobarkan Semangat Dikala Fisik Melemah

Salam sehat untuk pembaca tercinta

Sudah dua hari saya tidak enak badan, mungkin karena kelelahan dengan aktivitas sebelumnya yang lumayan padat. Ternyata tubuhpun butuh rehat sejenak.

Dengan kondisi badan yang tidak memungkinkan saya mengajar di sekolah tentu saja tetap ada yang mengganjal di pikiran, saya merasa bertanggung jawab dengan pembelajaran yang saya tinggalkan. Dan saya pun tidak ingin memangkas hak anak yang harusnya dapat tambahan ilmu dari saya. Hal ini tentunya membuat saya harus memutar otak mencari cara agar anak tetap dapat belajar dengan senang. Kebetulan setiap pelajaran saya, anak-anak yang memiliki hp saya persilahkan dibawa, hal ini juga menjadikan saya lebih mudah untuk memberikan tugas saat saya tidak di kelas, dan juga memudahkan saya memantau kegiatan anak di kelas.

Setiap pagi sebelum bel tanda masuk dibunyikan, saya sudah memberikan pesan melalui WAG untuk seluruh siswa kelas 7 agar mereka menjalankan literasi pagi, yaitu saat bel masuk berbunyi anak-anak berbaris untuk memasuki kelas yang dipimpin oleh ketua kelas, kemudian setelah di dalam kelas melakukan doa bersama dipimpin ketua kelas, setelah itu menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu dirigen secara bergantian urut absen, kemudian terakhir menyebutkan motto SMPN 1 Kalibening (beriman - berprestasi - berbudaya) secara bersama-sama. Semua kegiatan tadi tidak lupa untuk didokumentasikan, saya menunjuk wakil ketua kelas sebagai dokumentatornya, kemudian diserahkan ke saya melalui link Google form. Alhamdulillah literasi pagi yang sudah saya terapkan sejak semester satu hingga sekarang berjalan lancar. Saya pun sangat senang melihat kondisi seperti ini, karena ini akan menjadi pembiasaan yang baik untuk anak-anak, dan seandainya ada bapak ibu guru yang terlambat masuk maka anak akan terkondisikan di dalam kelas dengan tertib. Hal ini karena sekolah kami di daerah pegunungan yang rawan bencana tanah longsor, sedangkan bapak ibu guru banyak juga yang berasal dari daerah bawah, sehingga kendala di jalan aerung ditemui.

Untuk pemberian tugas ke anak pun saya buat yang menarik agar anak tidak jenuh. Kali ini saya menyampaikan materi tentang Makhluk Hidup dan Benda Mati. Saya membuka pelajaran di WAG kemudian saya share video pembelajaran tentang materi tersebut. https://youtu.be/pQXlv3UBNXo. Anak-anak dipersilahkan menonton berkelompok karena tidak setiap anak yang membawa hp ada kuotanya. Setelah menonton video pembelajaran tersebut, anak-anak saya suruh merangkum apa yang disampaikan di video tadi, hal ini saya lakukan karena saya ingin membiasakan anak menulis dan menyimak, ini saya sapatkan dari pengalaman saya mengikuti pelatihan menulis di KBMN 28. 

Menulis awalnya harus dipaksakan, sampai benar-benar menjadi suatu kebutuhan, tentu saja hal ini memerlukan sebuah proses. Demikian juga saya sedang berproses untuk membiasakan menulis setiap hari 

Setelah periksa, ada sugesti lega di badan, rasanya badan yang lemah menjadi lebih kuat lagi. Semoga besok pagi saya bisa menyapa anak didik saya secara langsung. Kangen rasanya tidak bertegur sapa dengan anak-anak, tertawa bersama, kadang pun harus berbicara agak keras karena tingkah anak-anak yang kadang terlalu over, meskipun demikian kita harus sadar kembali...karena itulah dunia mereka, kita harus mengarahkan dengan sabar dan ikhlas, semoga kelak membawa kebahagiaan bagi mereka. Aamiin.
Demikian sepenggal rindukku untuk kalian.

2 komentar:

  1. Semoga sehat selalu ya bu Indah yang selalu indah dan terus semangat dalam menebar virus literasi "bergerak maju pantang mundur" salam kenal Bu Indah yang cantik nan menarik 😊🙏

    BalasHapus
  2. Aamiin, terima kasih atas doa dan supportnya, salam kembali dari saya buat panjenengan...

    BalasHapus

MERAMU HASIL BELAJAR