Selasa, 14 Maret 2023

Mengukir Prestasi Melalui Media Menulis


 

Judul                 : Mengukir Prestasi Melalui Media Menulis
Resume ke       : 21
Gelombang       : 28
Tanggal             : 24 Februari 2023
Tema                 : Melejitkan Prestasi Dengan Menulis
Via                     : WAG KBMN 28
Narasumber      : Rta Wati, S.Kom.
CP                     : +62 852-1958-5451.
Moderator          : Helwiyah, S.Pd., M.M.


  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
       
    Bapak Ibu pembaca yang luar biasa, pada kesempatan kali ini, dipandu moderator nan licah dan energi yaitu Bunda Helwiyah, S.Pd.,M.M., kita akan menguras tuntas ilmu-ilmu yang dimiliki oleh nara sumber kita yang sangat hebat dan luar biasa prestasinya. Beliau adalah Ibu Rita Wati, S.Kom. Beliau kelahiran Tanjung Pinang pada tahun 1982 dari orang tua yang berdarah Minang. Prestasi Bunda Rita yang segudang ternyata tidak berbeda jauh dengan hobi beliau, yaitu menulis, browsing, dan mencoba tools baru. Saat ini Bunda Rita sedang menempuh pendidikan S2 Megister Teknik Informatika di AMIKOM Yogyakarta. Aktivitas beliau saat ini adalah sebagai pengajar di SMPN 2 Mendoyo, Blogger, Writer, Moderator dan Youtuber. Bunda Rita juga memiliki banyak buku yang sudah diterbitkan, ada yang buku solo, ada buku yang berkolaborasi, ada juga buku antologi. Prestasi dari Bunda Rita juga sangat banyak, bahkan sudah sampai tingkat Nasional dan Dunia. Untuk lebih jelasnya tentang profil beliau bisa disimak di link berikut ini  https://www.cikgurita.com/2022/06/about-me.html?m=1.

        Produktivitas dan prestasi adalah suatu united. Menulis merupakan kegiatan produktif yang dapat dilakukan siapa saja. Passion dan minat bakat tiap manusia berbeda, semua bisa dikembangkan dengan banyak berlatih, doa  usaha, dan kerja keras.

    Tema yang dipilih adalah "Melejitkan Prestasi Dengan Menulis". Tema ini dipilih untuk menyemangati peserta KBMN 28,. ternyata dalam dunia literasi itu bisa membuahkan prestasi yang diluar ekspetasi. Bunda Rita memiliki dua prestasi nasional yaitu menjadi guru inspiratif terbaik jenjang SMP dan juara 1 Indihome. Sejak 2 tahun terakhir beliau mencoba mengikuti lomba blog dan alhamdulillah membuahkan hasil seperti yang tertera di profil.

        Selanjutnya Bunda Rita mulai mencoba untuk mengikuti beberapa pendaftaran internasional. Beliau mengikuti kegiata AIV bersama 160 guru dari Malaysia, Indonesia, Thailand dan Filipina. Saat penutupan acara Bunda Rita mendapat kesempatan untuk mewakili Indonesia untuk mempresentasikan proyek yang telah diikuti selam 20 hari. Kegiatan ini sangat luar biasa, sehingga Bunda RIta selalu menyempatkan membuat chanel youtube untuk mengaplot setiap kegiatan, berikut chanelnya:

https://www.youtube.com/watch?v=gPL8PasXB_I&t=66s.
      Selain menempuh pendidikan magister, bunda Rita juga mendapatkan kesempatan belajar di CS50 Harvard University. Tentunya untuk juga ada persyaratan Toefl dan tes wawancara. Sungguh kegiatan yang luar biasa dan semangat yang membara.
        Bunda Rita juga menjadi narasumber Nasional, juga berkat jejak digital beliau. Semenjak menulis Bunda Rita mendapatkan kesempatan untuk berbagi sharing pengalaman, terutama dalam hal menulis, blog, dan guru inspiratif serta tutorial.
        Bunda Rita juga menceritakan bahwa beliau adalah guru biasa saja, dulu sebelum bergabung dengan Kelas Belajar Menulis kegiatan sehari-hari dijalani dengan santai. Namun setelah bergabung dengan KBM, keinginan untuk menulis jadi luar biasa, bahkan sampai ketagihan. Dan tidak hanya tentang menulis saja bahkan sampai kegiatan-kegiatan yang lain.

Manfaat menulis dari segi kesehatan:
  • Meredakan stress
  • Memecahkan masalah dengan lebih baik
  • Menuangkan perasaan sesuai keinginan
  • Memperbaiki suasana hati
  • Meningkatkan daya ingat
Masalah bagi penulis pemula:
  • Susah ide
  • Miskin kosa kata
  • Sulit merangkai kata
  • Sering menunda-nunda
  • Bingung mau menulis apa
  • Tidak percaya diri
  • Merasa tulisannya jelek/tidak layak dibaca
Solusinya adalah Membaca dan Menulis.

        Semoga jejak Bunda Rita menginspirasi kita semua, terutama para pegiat literasi. Menulis bagi guru adalah modal utama untuk menyebarikan informasi , berita , materi lewat goresan tulisan kita melalui media blog. Apalagi sekarang ini banyak sekali konten hadir di dunia maya, dimana ada yang positif dan ada yang negatif. Untuk itu kita sebagai guru  ikut  berjuang dan ikut andil menjadi conten writer untuk memberikan ilmu yang bermanfaat bagi pembaca di dunia maya. Kita harus yakin bahwa salah satu amalan yang tak terputus adalah ilmu yang bermanfaat.
        Demikian materi dari Bunda Rita, semoga kita dapat meniru jejak beliau dan menyebarkan kepada pembaca di dunia maya.

Selanjutnya tentang tanya jawab:

Pertanyaan 1:

Saya Evrid M pserta KBMN 28 dari NTT. Ijin bertanya kepada narsum malam ini. Ukuran prestasi dalam hal menulis itu, apa saja bu?

Jawab:
Salam kenal Pak Evrid ukuran prestasi dalam menulis relatif ya Bpk/ibu kalau dulu ukuran saya tulisan saya dibaca Om Jay dan dikomentari aja sudah senang banget apalagi dapat hadiah buku tapi sekarang ukuran saya beda, prestasi ya juara.

Pertanyaan 2:
Izin bertanya, saya wahyuning dari Jakarta. Bagaimana menjaga spirit menulis di sela-sela kesibukan?
Jawab:

Baik Bu Wahyuning, pertanyaan ini hampir saya dapatkan di setiap KBM. Kalau sebelumnya saya menyempatkan jika tidak sehari , dua hari kemudian berubah lagi hingga kini saya terfokus pada kuliah dan kerja sehingga waktu menulis saya sangat terkorbankan. Kembali ke ibu ya manajemen waktu. Spirit bisa diijaga melihat semangat teman yang konsisten menulis


Petanyaan 3:
Ibu saya Dewi dari Seruyan Kalteng, selama ini saya senang menulis fiksi, sebagai guru dan juga penulis apakah kita harus menguasai semua bentuk tulisan atau cukup berada di ranah yang memang kita sukai saja?
Jawab:
Tidak dipungkiri kebanyak kita yang wanita pasti awalnya senang menulis fiksi , it's ok kembangkan saja. hanya saja sebagai guru kita juga dituntut menulis ilmiah, seperti PTK, essay dll, tinggal disesuaikan saja.

Pertanyaan 4:

Endang Ratna juwita dari Bogor, ijin bertanya:

1.Bagaimana cara bu Rita membagi waktunya?

2.Apakah semua buku terbit secara bersamaan atau berdekatan?

3.Apa tips supaya bisa kreatif dan produktif serta berprestasi seperti ibu?🙏Terima kasih

Jawab:

Terimakasih Bu Endang

1. Cara saya membagi waktu jika dulu sebelum kesibukkan padat sewaktu menjadi siswa KBM, setiap saat saya usahakan ketika ada ide menulis, tapi pada saat kegiatan sudah padat saya menulis secara perlahan dimulai dari ide-ide utama. Ketika saya megikuti lomba menulis, tulisan saya lakukan perlahan-lahan dan teliti.

2. Kebetulan semangat saya membara pada tahun 2021 jadi buku saya hampir 90% terbit di tahun itu, dan satu di tahun 2020 sehinga ketika saya flashback itulah yang membuat saya terpilih menjadi salah satu guru inspiratif jenjang SMP.

3. Tipsnya pandai melihat peluang. Harus berani mencoba mengikuti lomba terutama ketika lomba itu sesuai dengan passiion kita.


Pertanyaan 5:

Imro'atus Sholihah_Jombang:

1. Bagaimana cara melejitkan prestasi dengan menulis?

2. Bagaimana cara fokus menulis hingga berprestasi?

Jawab:

1. Melejitkan prestasi caranya mengikuti kompetisi yang berkaitan dengan menulis: lomba blog, essay, karya ilmiah, cerpen, puisi dll.

2. Cara fokus menulis harus rajin research tentang tema yang dilombakan.

Manfaat Menulis Menurut Para Ahli:

  • Meningkatkan kecerdasan
  • Mengembangkan daya inisiatif dan kreativitas
  • Menumbuhkan keberanian
  • Mendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi.
Pertanyaan 6:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Nama Latifah dari Jakarta utara. Izin bertanya Bu guru: Fokus menulis itu bagaimana menumbuhkan jalan alur cerita agar dimengerti bagi pembaca?

Jawab:

Walaikumussalam wr.wb. Tulis saja bu hingga tuntas ide yang ada dipikiran, kemudian setelah selesai dibaca berulang-ulang. Ketika kurang bahan, banyak membaca yang sesuai ide kemudian minta tolong sama teman untuk membaca tulisan kita. Dari pembaca kita bisa ketahui apakah tulisan kita itu sudah dimengerti atau masih perlu diperbaiki.


Pertanyaan 7:

Assalaamu'alaikum, bu Rita, saya pak Zein dari Jogja. Mungkin bisa berbagi cara-cara membuat blog yang baik dan menginspirasi dalam dunia pendidikan serta bisa dilombakan termasuk dalam membuat gambar di layar depan. Terima kasih.

Jawab:

Walaikumsalam Pak Zein untuk kategori blog yang baik dan menginspirasi itu tidak ada tolak ukur ya, blog yang baik itu blog yang sering update itulah blog yang baik, untuk desain dan sebagainya sambil jalan point utama dalam lomba itu adalah tulisan yang berkualitas dan jika ingin fokus gunakan domain berbayar seperti.com. Semua blog yang bapak/ibu punya bisa diikutsertakan lomba, jadi jangan khawatir. Semoga nanti Om Jay mengadakan lomba blog untuk menyemangati peserta.

Untuk gambar harus tehnis ya, pointnya bapak ubah masukan gambar di header, tentu saja semua yang saya dapat tidak instan, semua berproses.

https://www.cikgurita.com/2022/07/perjalanan-menjadi-guru-inspiratif.html. Silahkan baca tulisan saya ini, tulisan yang saya menangkan di lomba Indihome. Prosesnya panjang untuk menjadi sang juara, yang terpenting tidak mudah putus asa. Terkadang baru ikut sekali dua kali kita sudah menyerah.


Pertanyaan 8:

Bagaimana caranya jika ingin mengikuti lomba International Conference?

Jawab:

Lomba Internasional dapat diketahui dengan perbanyak searching Bu insyaallah banyak. Saya sendiri belum pernah ikut lomba internasional, cuma mengikuti pendaftaran kegiatan internasional aja.

Mohon maaf bapak atau ibu ya? Saat ini jujur saya belum fokus menulis. Saya bandingkan ketika Masih jadi pembelajar di KBM saya mengikuti tips dari Om Jay menulislah setiap hari dan buktikan apa yg terjadi.


Pertanyaan 9:

Agar tulisan itu berkualitas dan enak dibaca tentunya harus memperhatikan kaidah-kaidah penulisan. Kesalahan-kesalahan apa yang sering muncul yang tidak sesuai kaidah, agar bisa waspada saat menulis?

Jawab:

Sering  baca berulang-ulang nanti akan ketemu yang salah dan biar enak dibaca.

https://www.youtube.com/@ritapinang10/videos ini link youtube saya, ada materi blog juga. https://www.youtube.com/watch?v=iGlVrcRUdn0&t=41s dan ini https://www.youtube.com/watch?v=O5k5Iw7UH6k. Tahun lalu saya selain menulis juga membuat tutorial, tapi 6 bulan belakangan ini terpending.

https://www.youtube.com/watch?v=GgVhkIMhnRQ cara memasukkan file Pdf ke blog

https://www.youtube.com/watch?v=XaqpkqtRtic&t=1s cara merubah tema baru di blog


Pertanyaan 10:

Agusti  dari Jakarta. Saya pemula banget, gabung di KBMN saja setelah 3 pertemuan. 

Semangat ibu membakar semangat saya.  Namun, saya masih tertatih-tatih menulis untuk menyamai langkah-langkah teman-teman di sini.  Ibarat kendaraan, mungkin teman-teman adalah kereta, sedangkan saya bersepeda. Mengayuh laju namun masih tertinggal. Mohon quote of the day, buat semakin terbakar bu.

Jawab:

Nothing is impossible in this world what you look upon today tomorrow may be acomplished fact. https://www.youtube.com/watch?v=MJq_Sf-SDIM cara cepat menemukan dan koreksi typo. Bapak ibu yg mau koreksi praktis bisa ikutin ini minimal typo bisa teratasi.


Pertanyaan 11:

Keminiman saya dalam ubah gambar di menu di atas sebagai layar utama dikarenakan kurangnya menguasai aplikasi Adobphotoshop atau aplikasi yang lain, barangkali ada yang termudah dan sederhana dalam merubah gambar sehingga bisa dipasang di layar utama.

Jawab:

Tidak usah yang sulit-sulit pak, zaman sudah berubah. Bisa menggunakan aplikasi Canva. https://www.youtube.com/watch?v=omlrRke4QYQ membuat thumbnail keren dg canva. Kalau mau lebih praktis ada yang berbayar template blog jauh lebih keren, hanya dengan membeli 200 rb/thn.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MERAMU HASIL BELAJAR