Senin, 20 Maret 2023

GURU KREATIF - MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN

 


Kegiatan “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran” dilaksanakan pada hari Senin tanggal 20 Maret 2021 yang bertempat di Aula SD Negeri 1 Majatengah Kecamatan Kalibening. Kegiatan dimulai pukul 08.30 dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjut Mars PGRI, kemudian doa yang dipimpin Bapak Jatmiko, S.Pd.,M.M.

Pada sambutan ketua panitia yaitu Bapak Nudin, S.Pd.SD. mengatakan bahwa kegiatan ini seluruhnya dibiayai oleh PGRI Cabang Kalibening, sehingga seluruh peserta tidak dibebani membayar kontribusi alias gratis. Adapun sasaran kegiatan ini adalah anggota PGRI Cabang Kalibening yang diikuti oleh 54 orang guru dari tingkat TK sebanyak 8 orang, SD/MI sebanyak 31 orang, SMP/MTs sebanyak 4 orang, dan 11 pengurus PGRI Cabang Kalibening.

Kegiatan ini juga dihadiri Bapak Agus Riyanto, S.Pd. Korwilcam Kalibening, beliau berpesan semoga kegiatan ini dapat menciptakan video yang berkualitas, yang dapat digunakan untuk pembelajaran. Peserta diharap dapat mengikuti semua kegiatan dari awal hingga akhir, sehingga ilmu yang didapatkan juga dapat dibagikan kepada teman-teman sejawatnya. Selain itu kegiatan pelatihan ini juga menyiapkan para peserta untuk mengikuti lomba video pembelajaran, yang file nya sudah harus disetor maksimal tanggal 6 April 2023.

Kegiatan “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran” ini dibuka pada pukul 09.39 WIB dengan bacaan Basmallah oleh Bapak Bambang Supriyono, S.Pd. yang mewakili ketua PGRI Cabang Kalibening, yang kebetulan berhalangan hadir karena ada kegiatan yang bersamaan.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Bapak Drs. Aziz Purwanto, M.M. Untuk membuat video yang baik dan berkualitas tentunya harus menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, yaitu Hp, laptop, webcam, tripot, alat yang dapat menghubungkan dari HP/Laptop ke LCD (USB Port). Pada pelatihan pembuatan video ini kami dikenalkan dengan aplikasi OBS (Open Broadcaster Software) untuk pembuatan video intinya, dan menggunakan greenscreen background agar latar belakang video orangnya dapat dihilangkan. Sedangkan untuk video opening dan closing dipersilahkan menggunakan aplikasi power point atau Canva. Selain itu kami juga dikenalkan dengan aplikasi Xsplit Vcam yaitu sebuah aplikasi yang dikonekkan antara HP dan laptop, pada aplikasi ini pengambilan video bisa menggunakan HP agar gambar lebih bagus, dan dikoneksikan dengan laptop. Hal ini agar pembuatan video tidak dua kali kerja, jadi cukup satu kali kerja tapi hasil maksimal. Setelah dibekali materi cara membuat video lalu peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk menyelesaikan videonya. Di Akhir materinya pak Aziz menyampaikan kepada seluruh peserta pelatihan untuk membuat video pembelajaran yang menarik dan unik agar dapat memenangkan dalam lomba video pembelajaran yang akan diselenggarakan dalam bulan April 2023 mendatang. Di akhir video sertakan tugas yang menarik missal dalam bentuk games atau quiz.

Akhirnya pelatihan selesai pada pukul 15.11 WIB, semua berjalan lancar dan terkendali. Kegiatan dari pagi hingga sore ini selalu dipantau oleh Korwilcam Kalibening yaitu Bapak Jatmiko, S.Pd.,M.M. Dan Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran  ditutup oleh wakil ketua PGRI Cabang Kalibening Bapak Bambang Supriyono, S.Pd. Semua peserta pelatihan merasa senang dan bahagia dengan ilmu yang didapatkan, semoga bermanfaat bagi guru-guru hebat terutama di wilayah Kecamatan Kalibening.

Hidup Guru….Hidup PGRI …..Solidaritas yes…

Foto-foto kegiatan:















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MERAMU HASIL BELAJAR