Sabtu, 25 Maret 2023

KARYA-KARYA KREATIF DI BULAN RAMADHAN




 Ahad, 26 Maret 2023 M/4 Ramadhan 1444 H

        Seorang teman saya bercerita tentang perbedaan dua kantor yang pernah menjadi tempat kerjanya. Pertama adalah sebuah perusahaan startup di bidang teknologi digital. Suasananya sangat nyaman bahkan seperti di rumah saja. Dalam melakukan pekerjaan bisa dilakukan di manapun, karena memiliki banyak ruang yang semuanya nyaman untuk kerja seperti garden, pantry, yang penting bisa meletakkan laptop dan menyelesaikan tugas. Sebuah kulkas yang sangat besar selalu terisi dengan aneka macam snack dan soft drink yang bebas diambil kapanpun sebanyak apapun. Mungkin mirip dengan kantor Google di Amerika yang ramai diceritakan orang karena keunikannya. Untuk apa semua fasilitas tersebut? Tentunya agar semua karyawan merasa enjoy dan fresh setiap hari. Ide-ide kreatif mereka akan terbuka sehingga menghasilkan karya yang terbaik untuk perusahaan startup tersebut.

        Sebaliknya kantor teman saya yang satu lagi masih bersifat konvensional. Pekerjaan harus diselesaikan di kursi karyawan dengan dibatasi sekat satu sama lain. Tak ada teras yang nyaman atau kulkas penuh makanan. Tak ada tuntutan harus kreatif, yang penting daftar tugas dari atasan dilakukan semua.

        Contoh di atas tadi jawabannya adalah satu, yaitu karya. Perusahaan kekinian berani menyiapkan fasilitas yang sangat nyaman asalkan para karyawan bisa berkarya dengan kreatif. Bekerja di kantor tidak hanya menyelesaikan tugas atasan saja. Asal tugas beres, tak perlu melakukan hal-hal lain. Tinggal tunggu jam pulang kantor saja. Tentu hal seperti ini yang dihindari oleh perusahaan-perusahaan kekinian tersebut.

        Bicara tentang fasilitas, bulan suci yang sedang kita tempuh saat ini juga merupakan bulan yang disiapkan Allah dengan sangat banyak fasilitas. Dosa diampuni, pahala dilipatgandakan, doa dikabulkan dan salah satu fasilitas terpenting menurut saya adalah semangat beribadah yang amat mudah didapat.




    Sebelum datangnya bulan Ramadhan rasanya kita berat ke masjid, namun di bulan Ramadhan langkah ini terasa ringan. Lihat saja shalat Dzuhur penuh layaknya shalat Jumat. Sebelumnya kita termasuk kikir dalam memberi, begitu tiba di bulan ini menjadi dermawan. Kitab suci yang jarang dibuka, kini menjadi bacaan yang paling sering mengisi waktu.

    Semua hal tersebut adalah bukti dari karunia Allah khusus di bulan Ramadhan yaitu semangat ibadah yang Dia mudahkan menyelusup ke dalam dada kaum muslimin. Untuk apa semua fasilitas tersebut? Jawabannya adalah satu, yaitu karya. Percuma sudah diberi berbagai fasilitas kalau kita tidak berkarya. Lebih baik kembali saja ke bulan konvensional.


        Ada beberapa karya kreatif yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan ini, diantaranya adalah:

  • Al-Quran yang khatam 30 juz adalah karya.
  • Malam yang sedikit tidur dan banyak menangis adalah karya.
  • Sunnah Rasulullah yang diamalkan secara konsisten adalah karya.
  • Akhlak yang berubah dari suka mengeluh jadi pandai bersyukur adalah karya.

    Dan masih banyak lagi karya-karya kreatif yang bisa kita usahakan selama bulan Ramadhan ini. Mari kita bersama-sama membuat perubahan! Tidak hanya menyelesaikan rutinitas saja. Asal puasa beres, tak perlu melakukan hal-hal lain. Tinggal tunggu jam pulang Ramadhan saja. Tidak pas rasanya, orang yang ikut menikmati segala fasilitas Ramadhan, namun berkarya dengan biasa-biasa saja. Janganlah kita menjadi golongan orang-orang yang merugi, dan menyesal di hari kemudian.


1 komentar:

MERAMU HASIL BELAJAR