Minggu, 09 April 2023

NIKMAT MANA LAGI YANG KAU INGKARI


     Ramadhan memasuki hari ke enam, terasa masih lama kita akan membersamai bulan penuh berkah ini, yang sudah kita nanti-nanti selama hampir satu tahun. Tentunya rasa syukur harus selalu kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Dimana kita dilahirkan di Tanah Air Indonesia, dengan keadaan ekonomi kita yang bisa dibilang lumayan. Coba kita tengok saudara-saudara kita yang nasibnya tidak sebaik kita, yang negaranya setiap hari mengalami bencana perang, dsb.

        Hari ini jika kolak dan sop buah tak membuat kita bersyukur, maka tataplah sejenak ke negeri-negeri yg makanan bekas di tong sampah pun mereka makan karena tiadanya makanan lagi.

Hari ini jika puasa terasa melemahkan, maka tataplah sejenak ke negeri-negeri yang puasanya mencapai 22 jam lamanya. Atau tataplah ke negeri-negeri yang dibakar musim panas, direpotkan hajat, dicekam ancaman, disuguhi besi dan peluru, tapi mereka tetap teguh dan tangguh menjalankan puasa.

    Hari ini jika tarawih memberatkan, maka tataplah sejenak ke negeri-negeri yang masjidnya dihancurkan, rumahnya dirobohkan, namun tak jua menyurutkan imannya untuk tetap berdiri tegak mengerjakan shalat.

    Sungguh hari ini kita ditampar oleh keadaan saudara kita di Suriah, Palestina, Uighur, Rohingya, Afrika, Islandia, dan dimana pun mereka yang keadaannya jauh lebih sulit dari kita.

    Lalu masih pantaskah kita disini mengeluh? Enggan mau berpuasa? Enggan shalat tarawih?

    Kemana rasa syukur kita atas segala nikmat dan kemudahan yang Allah berikan?
Padahal kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan damai.
Padahal kita dapat menikmati berbagai makanan berbuka dan sahur yg kita sukai.
Padahal kita dapat menjalankan shalat tarawih dengan tenang dan khusyu', di mana masjid banyak berdiri kokoh di setiap lingkungan dilengkapi AC dan kipas angin.

    Lantas, masihkah kita lalai dan ingkar atas segala nikmat yang Allah berikan?

    Demi Allah, bahwa kelak semua nikmat yang kita miliki akan di tanya. Allah Ta’ala berfirman:

ثُمَّ لَتُسْأَلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيمِ

“Kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu)” (QS. At Takatsur: 8).

    Semoga menjadi renungan bagi kita semua serta dapat menjadikan kita bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah anugerahkan.


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MERAMU HASIL BELAJAR